Review Meizu M5C, Smartphone 1 Jutaan yang Cukup Untuk Mobilitas Sehari Hari

15.50
Xthegamers.com - Perkembangan smartphone kini semakin maju. Banyak sekali perusahaan berlomba - lomba membuat sebuah produk yang berkualitas dan tentunya dari segi harga bisa dibilang hemat tidak menguras dompet terlalu dalam.

Kali ini saya akan mereview sebuah smartphone asal China bernama Meizu. Smartphone yang saya gunakan sekarang ini untuk daily driver adalah Meizu M5C. Smartphone ini bisa dibilang bentuknya yang lucu dan nyaman untuk di genggam.

Selain itu, Meizu M5C ini mempunyai speksifikasi yang bisa dibilang cukup untuk digunakan sehari hari dan saya akan bahas secara detail mengenai smartphone ini. Kebetulan, saya memakai Meizu M5C untuk Daily Drivernya.

Unboxing Meizu M5C


Pertama - tama hal yang akan saya lakukan adalah memberi tau kepada kalian semua ada apa aja sih di dalam dus Meizu M5C ini. Bisa diperhatikan gambar diatas bahwa untuk setiap pembelian unit Meizu M5C ini kalian akan mendapatkan Unit Smartphonenya, Kepala Charger, Kabel Charger, Buku Panduan, Sim Ejector dan Kartu Garansi resmi dari Meizu.

Desain Meizu M5C


Desain pada Meizu M5C sangatlah lucu karena, besar layarnya yang 5" HD ini membuat nyaman untuk dipegang. Bahkan, meizu tipe ini terbuat dari bahan CNC dan dicetak dengan polikarbonat jadi, ketika kalian pegang smartphonenya  akan terasa sangat lembut dan halus banget.

Tetapi, pada Meizu M5C dan semua keluaran produk Meizu sangatlah unik. Tidak ada tombol back ataupun recent apps loh. Pertama saya megang juga aneh sih ini gimana cara back dan ke recent appsnya.

Setelah saya pelajarin ternyata meizu memang mendesain khusus smartphonenya. Ketika kalian ingin melakukan back atau kembali ke halaman sebelumnya tinggal pencet tombol home saja. Awal memakai meizu ini sih rada kesusahan dan suka salah mulu karena, sudah biasa menggunakan smartphone yang ada tombol backnya.

Tetapi, tenang saja lama kelamaan pasti biasa menggunakan fungsi tombol backnya yang menyatu dengan tombol home.

Apabila ingin masuk ke menu recent apps kalian bisa melakukan slide keatas dibagian sebelah tombol home. Maka otomatis akan langsung masuk ke menu recent apps.

Performa Meizu M5C

Meizu M5C mempunyai speksifikasi penunjang performa yang bisa dibilang sangatlah cukup. menggunakan prosesor MT6737 1,3Ghz, 4 cortex A53, 64bit dan menggunakan GPU : ARM Mali-T720 MP1 650MHz.

Dengan, Prosesor dan Gpu seperti itu saya merasa nyaman dan cukup puas menggunakannya dan Meizu M5C memiliki RAM 2 Gb dan ROM 16. Bisa dibilang sih untuk smartphone dikelasnya udah sangat cukup banget.

Mutlitasking pun saya mencoba untuk membuka 8 apps sekaligus dan cukup lancar untuk digunakan chat dan browsing juga lagi. Walaupun, RAM 2GB multitaskingnya cukup lancar manajemen pengelolaan RAMnya udah sangat baik banget.

Tetapi, sangat disayangkan banget untuk storage yang disediakan hanya 16Gb saja. Dimana, pas pas banget untuk menyimpan file dan menginstall berbagai macam aplikasi. Tetapi, tenang saja Meizu M5C dilengkapi storage tambahan berupa slot Micro SD yang dapat di Up hingga 128GB.

Oia, karena, aktifitas sehari hari saya adalah seorang gamers mobile. Jadi, saya penasaran kuat tidak sih smartphone Meizu M5C ini untuk dipacu bermain game dan jawabanya adalah KUAT.

Smartphone Meizu M5C ini cukup untuk bermain game mainstream seperti, AOV dan Mobile Legends. Akan tetapi, ada catatan khusus mengenai itu semua. Yaitu, kalian bisa bermain dengan cukup lancar di kondisi semua pengaturan rata kiri saja. Khusus game AoV kalian akan mendapatkan FPS stabilnya di angka 18 dan ketika war akan mendapatkan FPS di angka 7.

Mengingat game AOV ini memiliki texture yang sangat detail sehingga, agak berat untuk dimainkan lancar pada meizu M5C. Masalah Mobile Legends tenang saja kalian akan aman aman aja kok di rata kiri kalian bisa bermain lancar tinggal sinyal internet kalian saja yang menentukan permainannya.

Konektifitas

Pada Meizu M5C sudah mendukung jaringan 4G. Akan tetapi, kalian harus melakukan cara khusus untuk mengaktifkan di Meizu ketika baru membeli unitnya. Yaitu, dengan cara kalian pergi ke menu panggilan telepon dan tekan atau masukan kode " *#*#4321#*#* ". Maka nanti akan ada notif kecil bacaannya 4G Enable. Sangat mudah banget  bukan.

Kamera

Smartphone Meizu M5C mempunyai dua kamera depan dan belakang. masing masing mempunyai speksifikasi sebagai berikut :

Kamera Belakang :
- 8 megapiksel
- Aperture ƒ/2.0
- Lensa 4 elemen
- Mode tanpa jeda
- Panorama
- AF kecepatan tinggi
- Lampu dua nada

Kamera Depannya :
- 5 megapiksel
- Aperture ƒ/2.2
- FaceAE
- Algoritma pengindahan cerdas ArcSoft®

Saya akan membahas Kameranya satu persatu. Jadi, Pada kamera belakang yang besar megapikselnya sebesar 8MP ini cukup cepat responnya. Fokusnya pun bisa dibilang bagus untuk smartphone dikelasnya. Terdapat 5 Mode di kamera belakangnya yaitu, Pro, Time-lapse, Panorama, Scan dan Gif.

Pastinya kalian sudah mengetahui setiap fungsi modenya kan ya. Nah, khusus Scan disini Meizu M5C mampu melakukan scanner pada sebuah barcode loh. Jadi, ketika kalian ingin mencoba test  barcode menggunakan hape ini pun bisa.

Pada kamera depan besarnya 5 megapiksel yang sangat disayangkan adalah ketika saya mengambil gambar selfie maka gambarnya akan terlalu putih seperti, pencahayaannya yang berlebihan. Akan tetapi, kalo kalian pinter mengambil angel dan tau celah pencahayaan pada tehnik memotret maka hasilnya cukup bagus.

Untuk hasil dari kamera depan dan belakangnya kalian bisa melihat melalui "Galery Foto Meizu M5C dibawah ini :

Kamera Belakang Meizu M5C
Hasil Kamera Belakang Meizu M5C


Fitur Tambahan

Pada Meizu M5C terdapat fitur tambahan loh. Untuk mengaksesnya kalian bisa klik setting -> Accessibility. Pada menu Accessibility ini terdapat beberapa pengaturan yang bisa kalian sesuai kan dengan kebutuhan. Serta yang menarik adalah kalian bisa mensetting kid space, game mode, dan Flyme Classic Style.

- Kid Space : settingan ini untuk mengatur agar smartphone ketika dimainkan oleh anak anak maka cuman bisa akses menu tertentu saja. Ibaratnya ini sama saja seperti Kids Mode.
- Game Mode : Disini kalian bisa menyetting game mode. Sehingga, buat kalian yang kesulitan atau terhambat karena, fitur bawaan meizu dan sering salah slide malahan ke recent apps atau sering muncul notif yang mengganggu. Disini kalian bisa menyetting itu semua supaya tidak terjadi hal hal negatif lainnya.
- Flyme Classic Style : disini kalian bisa mengatur style dari launcher bawaan Flyme Classic Style ada dua pilihan kalian bisa mengatur tampilan standar atau mengikuti tampilan classic Flyme Style.

Harga

Pada penasaran kan mengenai harganya? Meizu M5C ini dibandrol dengan harga Rp.1.499.000-, Cukup murah banget dengan harga segitu kalian sudah bisa mendapatkan smartphone yang tahan lama dan mampu melakukan mobilitas sehari hari dengan nyaman.

Kesimpulan

Kurang lebih sudah 2 - 3 Minggu saya menggunakan Meizu M5C sebagai daily driver dan hasilnya sangat memuaskan banget. Biasanya, saya suka dengan smartphone yang tebel dan layarnya lebar. Akan tetapi, ntah kenapa Meizu ini berbeda banget.

Oia, saya belum memberi tau kepada kalian semua. Bahwa meizu ini mempunyai OS Flyme yang berdiri sendiri loh. Contohnya, disini tidak ada aplikasi android pada umumnya seperti, playstore dan gmail.

Tenang saja untuk kalian yang ingin menginstall berbagai macam aplikasi meizu menyediakan aplikasi khusus bernama "App Store". Disini terdapat banyak banget aplikasi aplikasi mainstream. Atas dasar itulah meizu ini sangatlah ringan dan tidak terlalu banyak bloatware yang mengganggu kinerja smartphonenya.

Tetapi, perlu diingat buat kalian yang ingin membackup data dari email seperti, nomer kontak, kontak whatsapp dan masih banyak lagi kalian wajib menginstall aplikasi playstore untuk menjalan proses backup itu sendiri.

Saya sempet heran sudah dimasukin akun gmail kok belum terbackup ternyata, wajib banget install playstore untuk keperluan aktifitas google seperti, backup dan bermain game anda wajib banget install google play games terlebih dahulu agar dapat memainkan game game masa kini.

Share this :

Previous
Next Post »
21 Komentar
avatar

Wah harganya oke jg nih utk spek yg spt itu.
Btw, suka sama fitur kamera yg sekaligus bs scan barcode ya.
Awalnya bingung, mau scan barcode pake app yg mana ya, ternyata pake camera biasa aja bisa :D

Balas
avatar

Kok diaku gambar hapenya ngga muncul ya. Mayan lah kalau ponse 1 jutaan sih sudah bagus banget sbnrnya kalau basis android.

Balas
avatar

Emang enggak ada gambarnya atau sinyalku yang lelet ya?
Lumayan juga untuk harga segitu,kameranya udah 8 MP..

Balas
avatar

Tergoda dengan Meizu setelah teman sekantor beli hape barunya Meizu, harganya tidak terlalu mahal dan ada service counter-nya di Bandung

Balas
avatar

Sempat ingin beli sebulan lalu saat hp rusak. Tapi karena masih jarang yang pakai dan tergoda dengan merek sebelah akhirnya urung. Tapi keren juga ya,

Balas
avatar

Sempat ingin beli sebulan lalu saat hp rusak. Tapi karena masih jarang yang pakai dan tergoda dengan merek sebelah akhirnya urung. Tapi keren juga ya,

Balas
avatar

Wah, sekarang sudah banyak HP satu jutaan yang bisa 4G, ya. Dulu, mah belum ada. Alhasil, sampe sekarang masih pake 3G. Diliat dari review ini, HP-nya bagus juga, tuh. Dan yang penting, GAUL. SALAM UPIL GAUL! :D

Balas
avatar

sekarang HP herganya murah-murah gini ya, makin lama kualitasnya makin bagus, tinggal pilih mau yang mana

Balas
avatar

Speknya oke banget. Harganya murah. Boleh juga nih buat yg ingin hp murah meriah.

Balas
avatar

Makin kesini makin banyak aja smartphone dengan kualitas kece harga terjangkau dimasyarakat..dengan berbagai macam fitur...

Masyarakat sekarang gak bingung lagi ikut gaya kekinian..

Balas
avatar

lumayan oke juga ya Meizu ini. dulu aku engga tahu malah ada merk meizu ini sampe pacarku beli hp meizu (aku lupa apa typenya) baru deh aku tahu hehe soalnya ada merk kosmetik yg namanya mirip2. maklum cewe ingetnya ke kosmetik mulu. harganya lumayan yaa cuma 1,5 jutaan apalagi didukung dengan fitur2 yang lumayan oke punya.

Balas
avatar

harga sejuta dengan spek di atas cocok lah, cenderung murah. App storenya mantap ya punya sendiri. thanks jadi referensi nih

Balas
avatar

Wah... Meizu harganya cukup terjangkau ya. Penggemar mobile legend seperti anak saya, kayaknya bisa menggunakan Meizu, karena kualitas dan speknya bagus.

Balas
avatar

Cukup bagus ya untuk fitur dan harganya. Tapi lumayan ribet juga karena harus instal aplikasi tambahan, seperti play store atau Google Store.

Balas
avatar

Review nya bisa bikin bahan pertimbangan kalau ada yang sedang ingin ganti HP.

Disesuaikan dengan budget dan keperluan, pastinya.

Balas
avatar

wah lumayan juga ya. Tapi sayang kameranya kurang oke ya, coba pixelnya lebih tinggi. Khan lebih asyekk

Balas
avatar

Aku sih HP sekarang spesifikasi utama yang dicari adalah yang layarnya jernih dan prosesornya oke. Biar apa? Biar bisa maen game sepuasnya tanpa lemot dan bisa nonton kapan pun wkwkkw

Balas
avatar

Hari gini masih ada ya gadget yg murah meriah tp speknya cangih, padahal kalo mau speknya yg cangih harganya 11 12 sama motor. Wkwkwk

Balas
avatar

Kamera depan meizu ini cukup lumayan lah ya. Memberikan hasil yang real dan apa adanya, ga lebay. Cuma masih disayangkan juga sih kalau meizu ini belum bisa terlalu diandalkan kalo digunakan untuk main game.

Balas
avatar

menarik nih.. jadi pengen review juga dikki.. ada unitnya gak? :D

Balas

Diharapkan Komentar Sesuai Dengan Judul dan Isi
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.