5 Pilar Makna Pancasila Bagi Kehidupan Sehari Hari

10.43
Bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa. Terdapat, banyak sekali pulau pulau yang membentang luas di Indonesia. Setiap daerah mempunyai budaya yang berbeda beda. Akan tetapi, walaupun mereka memiliki budaya dan bahasa yang berbeda mereka tetap akur dan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Berbicara bangsa Indonesia tidak terasa pada tanggal 17 Agustus 2017 kemarin kita sudah merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke - 72 Tahun. Sudah lama sekali bangsa Indonesia merdeka yang sebelumnya para pejuang kita rela berjuang mati matian untuk membela bangsa Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia identik dengan nilai Persatuan Pancasila yang sudah diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Hayoo, disini masih ada yang ingat tidak dengan lima pancasila apa saja?

Pancasila merupakan sebuah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Selain itu, Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila via ugm.ac.id

Tentunya, kita sebagai rakyat bangsa Indonesia harus mengetahui dong. isi dari 5 sila yang terdapat  pada Pancasila. Kali ini saya akan menjelaskan masing masing sila yang ada pada Pancasila sebagai berikut :

1. Ketuhanan yang Maha Esa

 
Lambang sila ke 1


Pertama adalah sila Ketuhanan yang Maha Esa. Kita sebagai bangsa Indonesia harus patuh dan taat kepada masing masing agama yang dianut masing masing orang. Selain itu, makna sila pertama ini harus di terapin juga dalam kehidupan sehari sehari misalnya : Saling menghargai dan menghormati antar umat beragama, tidak memaksakan suatu agama ke sesama umatnya dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan sila yang pertama yaitu, Ketuhanan yang Maha.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradap

Lambang sila ke 2

Sila yang kedua adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradap. Kita sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai berbagai macam suku dan budaya harus menjunjung tinggi nilai moral yang harus saling menjunjung tinggi nilai budi pekerti yang baik dan mempunyai martabat yang sama. Jadi, disini kita semua adalah sama tidak ada perbedaan diantara kita.

Adapun, pada sila yang ke dua ini bisa kita terapkan pada kegiatan sehari hari seperti : membela orang yang benar dan bersikap adil ke semua orang, kita sebagai rakyat bangsa Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama tidak ada perbedaan diantara kita semuanya dan masih banyak lagi nilai nilai sila ke dua yang dapat kita terapkan pada kehidupan sehari hari.

3. Persatuan Indonesia

Lambang Sila ke 3

Sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia. Jadi, disini mempunyai arti adalah kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai berbagai macam suku, budaya dan bahasa yang berbeda beda harus saling bersatu dalam memajukan bangsa indonesia.

Sila ini dapat kita sosialisasikan dalam kehidupan sehari hari misalnya, kita sebagai bangsa Indonesia harus mencintai tanah air Indonesia, selalu menjaga nama baik bangsa Indonesia, menjunjung tinggi nilai persatuan dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dikaitkan dengan sila yang ke tiga dalam Pancasila ini.

4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyarawatan Perwakilan

Lambang sila ke 4
Sila ke-empat yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Jadi, disini adalah kita sebagai rakyat bangsa Indonesia harus hidup dalam saling bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan sehari hari.

Sila ini bisa kita realisasikan dalam kehidupan sehari hari loh. Seperti, apabila kita sedang dalam keadaan rapat RT atau rapat apapun itu. Kita harus berusaha untuk memberikan pendapat yang bagus dan apabila sudah mengutarakan pendapatnya. Kita jangan dan tidak boleh egois atau memaksakan kehendak diri sendiri. Alangkah, lebih baiknya menunggu masukan orang lain dan memutuskan hasilnya secara bersama sama atau musyawarah supaya, semua orang yang ada dalam rapat tersebut setuju.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Bangsa Indonesia

Lambang sila ke 5
Sila ke lima ini mencerminkan kita harus bersikap adil dalam hal sosial untuk memajukan bangsa Indonesia. Kegiatan sehari hari pada sila ke lima ini adalah saling menghargai hasil karya orang lain, menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, siap sedia menolong orang yang sedang membutuhkan.

Dari, ke lima sila tersebut sudah bisa mencerminkan dalam kehidupan sehari hari yang bisa lakukan dalam hal masing masing sila yang terdapat pada pancasila.

Sebagai rakyat Bangsa Indonesia Pancasila Sumber Inspirasi Maju yang dapat diartikan bahwa kita bisa memajukan bangsa Indonesia hanya dengan lima pilar yang terdapat pada pancasila.

Oia, masih dalam rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -72 ada sebuah acara Festival yang di selenggarakan oleh Unit Kerja Presiden - Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat menjadi UKP PIP.

Membuat sebuah acara Festival yang bernama Festival Prestasi Indonesia yang berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2017. Acara ini merupakan ajang pemberian apresiasi kepada orang orang yang selama 72 Tahun yang sudah mempunyai banyak sekali prestasi dan membuat harum nama Bangsa Indonesia.

Kurang lebih ada 72 Ikon yang berprestasi yang akan menghadiri acara tersebut. Orang orang yang berprestasi ini dipilih berdasarkan kategori prestasinya misalnya saint, olahraga, inovator, dan budaya.

Tujuan dari pemberian penghargaan dan apresiasi pada 72 Ikon ini dimaksudkan untuk memberikan #PancasilaInspirasiMaju untuk generasi muda lainnya.

Selain itu, acara ini dimeriahkan oleh tarian seni tradisional, SKET Dance dan masih banyak lagi rangkaian acara yang menarik untuk menginspirasi maju buat kalian yang masih muda wajib menghadiri acara tersebut.

Kesimpulan

Acara Festival Prestasi Indonesia ini sebuah acara yang sangat bagus untuk kalangan anak muda yang mampu membuat bangsa Indonesia terus maju dengan nilai nilai #PancasilaInspirasiMaju. Dijamin tidak akan menyesal dengan hadirnya anda disini. Kalian, akan mendapatkan banyak sekali pelajaran yang tidak ternilai dan juga beberapa pengalaman yang dialami oleh 72 Ikon yang berprestasi dalam memajukan bangsa Indonesia.

Buat kalian yang ingin mengetahui banyak mengenai kegiatan yang dilaksanakan oleh UKP-PIP bisa langsung follow dan ikuti akunnya di media sosial sebagai berikut :

Fanspage Facebook : @GenPancasila
Twitter                     : @ukp_pancasila
Instagram                : @ukp_pancasila

Share this :

Previous
Next Post »
5 Komentar
avatar

Wahhhh tulisannya keren!
Aku insya Allah hafal kok Pancasila, tadi ditanya kan di atas.
Acara UKP-PIP ini sepertinya menarik banget. Mana gratis lagi. Sayang enggak bisa hadir. Semoga semua orang Indonesia senantiasa berjiwa Pancasila ya.

Balas
avatar

Indonesia semakin berjaya. Pancasila harus selalu dijaga agar indonesia semakin kuat!

Balas
avatar

Detail banget pembahasan setiap sila dari Pancasilanya. Keren tulisannya :)

Balas
avatar

Suka sama artikelnya.
Semoga kita akan terus saling mengingatkan untuk mengaplikasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Balas
avatar

Semoga bukan cuma tulisannya aja yang lengkap ngejelasin nilai dr per sila di pancasil, tapi juga dijalanin dikehidupan sehari-hari ya.

Balas

Diharapkan Komentar Sesuai Dengan Judul dan Isi
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.