Workshop "Branding in The Digital Era" Bersama CNI dan Komunitas ISB

08.42

Xthegamers.com - Pada Tanggal 26 Maret CNI Indonesia bersama Komunitas ISB mengadakan sebuah Blogger Gathering dan workshop yang mengusung thema "Personal Branding In The Digital Era" yang berlokasi di Burger King Kuningan.


Acara di mulai pada pukul 14.00 - 16:30. Pertama ketika saya sampai di lokasi acaranya. Semua perserta harus melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan voucher makan burger king. Kemudian, peserta dikasih waktu luang untuk makan siang terlebih dahulu. Selang 30menit kedepan baru acaranya di mulai. Pembukaan acara dibuka oleh CNI Indonesia.

Sekilas Mengenai CNI Indonesia

Sumber CNI Indonesia - Xthegamers.com

CNI berdiri pada bulan Oktober 1986 di kota Bandung. Sebelumnya, CNI Indonesia ini mempunyai nama awal yaitu, PT Nusantara Sun-Chlorella Tama (NSCT) yang mempunyai sistem kerja
Direct Selling-Multi Level Marketing.

CNI Indonesia seiring dengan berjalannya waktu sudah 31 tahun lamanya ia berdiri. Akhir - akhir ini baru mulai masuk ke dalam dunia Digital Marketing Media Social. Tentunya, ia bekerja sama dengan seluruh blogger di Indonesia untuk turut membangun digital marketing yang lebih kembali dan juga sudah 3 Tahun berjalan mengenai kegiatan Digital marketing Media Social.

Menurut perkataan salah seorang dari divisi digital marketing CNI_ID untuk sekarang ini semua media social CNI sudah mulai berkembang pesat dan tiap bulannya followers akun CNI terus bertambah. Berikut saya lampirkan hasil laporannya :

Laporan Hasil Digital Marketing CNI Indonesia
Selanjutnya, nantinya CNI Indonesia akan melakukan sebuah kegiatan outdoor roadshow office to office, dan juga kunjungan ke sekolah untuk memperkenalkan era digital marketing yang kini mulai trend di berbagai kalangan.

Lanjut lagi kedalam keseruan acara "Branding in The Digital Era". Setelah pembukaan selesai oleh pihak CNI. Kemudian, dilanjutkan dengan pembicara yang turut hadir ke dalam acara tersebut. Terdapat dua pembicara yang hadir dalam acara "Branding in The Digital Era" yaitu, Vincent dan Dewi K Rahmayanti

Pembicara Vincent Membangun Branding Melalui Website

Vincent selaku Founder "helofranchise.com"
Di awali dengan pembicara yang bernama Vincent selaku Founder "helofranchise.com". Disini pembicara mengenai.

"Bagaimana sih Membangun Branding melalui Website?"

Selanjutnya, ia menjelaskan terlebih dahulu apa sih perbedaan Website dengan blog dan ternyata blog dengan website tidaklah jauh berbeda dan hampir sama. Kemudian, ia menjelaskan.

"Bagaimana Cara Membuat Website"

Menurut Vincent untuk ingin membuat website ada dua jenis yaitu,
  • Saas Service (Software as a service) meliputi,
  1. Wix
  2. Websitebuilder  
  3. Blogger
  4. Etc
  • Personal Service  
  1. CMS (Wordpress, Joomla, Drupal).
  2. Scratch
Akan tetapi, masih banyak lagi cara membuat website yang beredar luas di dunia. Akan tetapi, banyak yang sering memakai blogger dan juga CMS seperti Wordpress, Joomla, dan Drupal.

Setelah membuat website kalian semua harus mengetahu Komponen - Komponen apa saja yang perlu tahu yaitu,
  • Konten : Menurut Vincent konten adalah raja yang mana kalian harus perhatikan benar benar mengenai hal tersebut. Mulai dari,
  1. Judul : Judul pada sebuah konten alangkah lebih baiknya di buat semenarik, dikemas secara baik dan to the point mengenai thema yang ingin di buat
  2. Gambar Utama : Disini anda kalo bisa membuat gambar utama untuk sampul halaman semenarik mungkin supaya orang nyaman untuk melihatnya.
  3. Deskripsi : Disini anda harus membuat deskripsi konten yang tepat pada sasaran yang ingin dicapai.
  4. Nama Penulis : Disini anda harus mencantumkan nama dari siapa yang menulis konten tersebut.
  5. Total Waktu Setelah Terbit : Disini anda harus menentukan juga targetan berapa lama waktu anda setelah terbit konten yang dibuat sebelumnya.
Contohnya seperti dibawah ini :


Contoh Isi Konten yang Baik dan Benar - Xthegamers.com
  • Kedua adalah Fitur : Menurut, Vincent anda juga perlu memerhatikan Fitur yang ada pada website yang akan dibuat mulai dari : Widget, Halaman, dan Interaksi.
  • Ketiga adalah Desain : Tampilan sangat mempengaruhi pembaca yang berkunjung di website yang kita buat .
  • Keempat adalah Layout : Layout diperlukan untuk membuat user nyaman mengakses dan membaca di website kita.
  • KeLima adalah Performa : Disini anda harus memerhatikan performa kecepatan ketika user mengakses website kita apabila performa speednya lama maka pasti user akan malas dan tidak mood mengunjungi website kita.
Semua komponen yang dijelaskan Vincent selaku Founder di "helofranchise.com" benar benar harus kalian perhatikan dengan baik. Karena, mulai dari konten, fitur, desain, layout, performa harus di mengerti sebelum membuat website yang di inginkan agar banyak yang mendatangi situs website yang kita buat.

Pembica ke Dua Dewi K Rahmayanti Selaku Social Media Consultant

Dewi K Rahmayanti selaku Social Media Consultant
Lanjut, ke Pembicara kedua yaitu dari Dewi K Rahmayanti selaku Social Media Consultant disini ia menjelaskan.

"Bagaimana Cara membangun Personal Branding" 

Apabila anda ingin membuat atau membangun sebuah Personal Branding kalian harus mempunyai Strategi yang ampuh untuk membangun Branding sendiri. Buat kalian yang belum mengetahu Personal Branding itu adalah sesuatu kegiatan untuk memasarkan nama kita sendiri ataupun lembaga perusahaan supaya dikenal oleh banyak orang dengan ciri khas yang kita kenalkan.

"Contohnya, Anda seorang penyedia jasa joki game online. Maka anda ingin membangun branding sendiri nih. Jadi, Dikki si Joki Game Online"

Jadi, si Dikki di kenal sebagai orang yang suka buka Jasa Joki Game Online. Seperti, itulan Personal Branding. Akan tetapi, untuk membangun itu semua perlu usaha yang sangatlah besar dan juga tidak mudah di lakukan tanpa mengetahui strateginya.

Menurut, Dewi K Rahmayanti untuk membangun personal branding harus dimulai dari ceritakan Story anda sendiri yang mana apabila anda storynya suka bermain game ya anda jelaskan mengenai pengalaman anda dalam bermain game dan itu semua dilakukan untuk berbicara jujur manis dan pahitnya pengalaman yang anda lakukan.

Walaupun, nanti orang yang kita ceritakan berpikiran negatif mengenai buruknya pengalaman yang sudah kita lakukan. Kita harus berpikir possitif kedepan karena, kita kan sudah bercerita sejujur jujurnya mengenai baik dan buruknya pengalaman yang kita alami dan tidak berkata bohong.

Cerita pengalaman yang kita share ke orang orang harus bersifat fakta, nyata, dan sudah kita lakukan seiring berjalannya waktu. Jangan sampai anda ber-delusi dan akhirnya melebih lebihkan ceritanya. Karena, saya yakin apabila anda seperti itu maka planning membangun Personal Branding diri kita sendiri akan mendapatkan hasil yang Sia - Sia.

Kedua adalah Tujuan.

"Buat Apa sih Tujuan?"

Tujuan disini adalah sebagai targetan dalam personal branding yang akan dibangun. Anda harus mempunyai tujuan yang jelas dan memiliki sasaran yang tepat supaya, anda lebih mudah untuk di kenal oleh banyak orang.

Setelah mempunyai tujuan yang jelas dan mempunyai targetan sasaran yang ingin disebarkan selanjutnya, terjunlah ke sosial media. Disini, anda bisa pasarkan personal branding yang anda ingin buat sesuai dengan tujuan dan targetan sasaran.

Karena, dengan sosial media kemungkinan dikenal banyak orang lebih besar dibandingkan hanya di sekitar rumah atau orang yang anda kenal saja. Manfaat sosial media seperti, Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi sosial media yang beredar.

Di Platform Sosial Media pun, kalian jangan pernah sesekali kalian spam yang tidak jelas karena, nanti orang tidak akan melirik usaha personal branding yang anda lakukan. Lakukanlah sesuai dengan tujuan dan targetan apa yang ingin kita bangun personal brandingnya.

Akan tetapi, kalo bisa anda share, sebarkan personal branding anda berbeda dari yang lainnya seperti, "Dikki si Joki Game Online Murah Bergaransi dan Dapat Bonus Plus Plus". Nah disini, anda ceritakan profil, tujuan anda mengenai topik personal branding tersebut. Lakukan semenarik mungkin dan juga jangan yang terlalu rumit.

Apabila, kita menerima sebuah komentar yang negativ dan cenderung menjelekan usaha personal branding kita alangkah lebih baiknya anda menanggapinya dengan tenang dan juga tidak terbawa emosi. Apabila, anda melakukan kesalahan dalam sharenya kalian lebih baik meminta maaf mengenai apa yang kalian share"Ujar Dewi K Rahmayanti.


Kesimpulan

Kesimpulannya adalah apapun yang ingin kalian bangun dalam Personal Branding dan ingin membangun website yang baik harus melakukan usaha yang maksimal jangan lah setengah - setengah dalam menentukan apa yang ingin di branding dan juga apa yang ingin di bangun. Tetap konsisten pada satu tujuan jangan pindah - pindah haluan. Cepat atau lambat juga nantinya branding yang sudah susah payah anda bangun akan dikenal banyak orang.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

wuaaaah, jadi pengen datang langsung ke sana dengerin workshopnya. apalagi bahasannya tentang personal branding >.<

Balas

Diharapkan Komentar Sesuai Dengan Judul dan Isi
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.