Indonesia Kampanye Kenalkan Berbagai Macam Risiko Tembakau yang Mematikan

21.39

Jakarta, Tepat Pada Tanggal 27 Januari 2017. Pakar global kesehatan masyarakat Vital Strategis mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas diluncurkannya kampanye baru yang secara visual menyoroti sejumlah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh Konsumsi Tembakau, termasuk Stroke, Kanker Tenggorokan, Kanker paru - paru , dan penyakit Buerger.

Kampanye yang berjudul " Penyakit yang Diakibatkan Rokok " ini diluncurkan hari ini di Jakarta oleh dr. Anung Sugihantono, M.Kes., Direktur Jenderal Promosi Kesehatan dan Kesejahteraan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

#SuaraTanpaRokok - Xthegamers.com

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K). Ketua Divisi Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan, RSUP Persahabatan; Cecep Sopandi, penderita penyakit Buerger; dan Relis Gultom, istri dari almarhum Ranap Simatupang, penderita kanker paru. Kisah singkat Cecep dan Ranap ditampilkan dalam iklan berdurasi 30 detik ini.

Vital Strategies bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam perencanaan dan pelaksanaan kampanye yang akan di tayangkan selama empat minggu di enam(6) televisi Nasional. Kampanye ini juga dipromosikan dan disebarluaskan melalui media social dengan menggunakan tagar #SuaraTanpaRokok di kanal Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, dan www.suaratanparokok.co.id, sebuah situs di mana masyarakat Indonesia dapat membagikan kisah mengenai bahaya - bahaya yang di akibatkan rokok.

Selain itu, berbagai informasi mengenai cara berhenti merokok dan alamat klinik yang dapat membantu masyarakat untuk bergenti merokok juga tercantum di dalam situs tersebut.

#SuaraTanpaRokok - Xthegamers.com

Dalam Peluncuran kampanye hari ini, dr. Anung Sugihantono, M.Kes., Direktur Jenderal Promosi Kesehatan dan Kesejahteraan, Kemenkes RI mengatakan, "Di Indonesia, kebanyakan orang menderita akibat penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit paru dan juga penyakit jantung.

Konsumsi tembakau dapat dikaitkan dengan penyakit - penyakit seperti ini serta sejumlah penyakit lainnya. Contohnya, Pada korban penyakit Buerger, Gangren (matinya jaringan tubuh) menyebar dan dapat menyebabkan kehilangan jari atau anggota tubuh lainnya.

#SuaraTanpaRokok - Xthegamers.com

Kondisi ini utamanya ditemukan pada perokok. Dengan menunjukan secara gambling bahaya rokok, termasuk kondisi - kondisi yang belum terlalu dikenal, kami berharap dengan kampanye ini dapat mengajak orang Indonesia memiliki lebih banyak informasi danj mendapatkan pilihan - pilihan yang lebih sehat."

Jose Luis Castro, President and Chief Executive Officer, Vital Strategies, mengatakan, "Kami mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas kampanye pengendalian Tembakau yang memiliki pesan yang kuat ini, dan kami senang dapat sekali lagi berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80 % Penduduk Indonesia menyadari bahwa tembakau mengakibatkan Kanker Paru dan Serangan Jantung, namun hanya sedikit yang menyadari tembakau mengakibatkan penyakit lain."

Enrico Aditjondro, Associate Director, Asia Tenggara, Vital Strategies, yang berbasis di Jakarta, menambahkan," Dengan menampilkan korban rokok seperti Cecep, kampanye ii dapat memberikan pengetahuan baru seperti penyakit Buerger yang juga diakibatkan oleh kebiasaan merokok.

Namun, tentu informasi yang sudah sering di dengar, seperti mengenai Kanker Paru, Kanker Tenggorokan, ataupun Stroke, tetap perlu terus diingatkan kepada publik. Kami mengajak para perokok untuk menyaksikan iklan ini sehingga mereka akan berpikir dua kali sebelum mereka mengambil sebatang rokok berikutnya, dan sadar tentang kerusakan yang akan terjadi pada diri mereka dan orang - orang di sekitar mereka. Harapannya tentu lalu berhenti merokok."

Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan bahwa tidak ada tingkat konsumsi tembakau yang aman, namun perokok sering kali tidak menyadari atau meremehkan bahaya kebiasaan tersebut. Hal itu sangat disayangkan karena penyakit akibat merokok yang menyebabkan kematian sebenarnya dapat di cegah.

Dengan memperlihatkan gambaran sesungguhnya dari bahaya rokok dapat membantu mencegah kaum remaja untuk merokok dan mengajak para perokok untuk berhenti merokok. Iklan layanan masyarakat "Penyakit yang Diakibatkan Rokok" ini menampilkan korban nyata akibat rokok yang menderita Stroke, Kanker Tenggorokan, Kanker Paru, dan Penyakit Buerger

ILM yang berdurasi 30 Detik ini dirancang untuk mengubah pikiran perokok yang ingin berhenti sehingga benar - benar berhenti. Kampanye ini meneruskan kampanyepengendalian tembakau nasional sebelumnya yang di luncurkan tahun 2015 dan 2016 yang berfokus pada dampak rokok terhadap kesehatan ekonomi.

#SuaraTanpaRokok - Xthegamers.com

World Economic Forum memperkirakan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2030 akan mengalami kerugian sebesar US$ 4,5 Triliun jika beban penyakit tidak menular (PTM) seperti, Penyakit Jantung dan Kanker tidak akan dikurangi. Seperti ditunjukkan oleh kampanye ini, konsumsi tembakau merupakan faktor risiko utama penyakit - penyakit tersebut.

Selain, komuniaksi kampanye kesehatan yang akan membantu orang melakukan perubahan sikap, perundan-undangan yang komprehensif mengenai pelarangan rokok dan pajak rokok yang mencegah perokok usia dini. Ada kemungkinan yang cukup besar bagi Indonesia untuk meningkatkan pajak rokok hingga 75% dari harga eceran, seperti yang di rekomendasikan WHO.

Lebih lanjut lagi tersedia juga kesempatan untuk mengalokasikan dana bagi program - program kesehatan dan sosial. Vital Strategies menghargai Pemerintah Indonesia atas kebijakan - kebijakan yang telah dicanangkan demi memfasilitasi kemajuan Indonesia mencapai agenda Tujuan Pembangunan Keberlanjutan 2030.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

wah mantep nih indonesia makin berani buat iklan kayak gini. smoga makin berkurang perokok di indonesia supaya indonesia bisa menjadi negara bebas asap rokok

Balas

Diharapkan Komentar Sesuai Dengan Judul dan Isi
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.