Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Padada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF

11.59
Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Padada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF-,


Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF, merupakan jurnal yang akan saya bahas ini merupakan tugasjurnal dari sumber artikel sumber Dari artikel yang akan saya bahas ini penulis akan membangun jaringan LAN pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan metode OSPF. Penulisan tersebut ditulis untuk membantu pembagian data data dari perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan menggunakan jaringan komputer . Jaringan Komputer yang  digunakan adalah memakai Jaringan LAN. Perusahaan Three Pringsewu Lampung ini untuk membagi data data informasinya dengan menggunakan Flashdisk. Maka dibuatlah sebuah Jaringan Komputer yang akan mempermudah dalam hal pengiriman data dengan menggunakan Jaringan Komputer LAN. Tujuan dibangunnya Jaringan Komputer LAN di perusahaan  Three Pringsewu Lampung ini untuk menghasilkan rancangan jaringan komputer yang lebih baikdi perusahaan Three Pringsewu Lampung.


Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF, dalam jurnal tersebut terdapat kajian teori, seperti pembahasan jaringan komputer. Jaringan Komputer adalah suatu sistemyang dibuat dengan menggunakan komputer komputer digunakan untuk saling berbagi data melalui Jaringan komputer. Jaringan Komputer terdiri dari : Local Area Network(LAN), Metropolitan Area Network(MAN), dan Wide area Network(WAN). Jaringan komputer memiliki fungsi seperti Client-server dan peer to peer. Dari segi teknologinya jaringan komputer terdapat berbagai macam topologi yang dapat digunakan seperti, Topologi Bus, Topologi Bintang, Topologi Ring, Topologi Tree, dan Topologi Linier.

Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF. Keuntungan dalam memakai Jaringan Komputer pada perusahaan Three Pringsewu Lampung ini adalah : Semua komputer dapat saling berbagi data di jaringan komputer yang sama, Perusahaan bisa akses email pribadi semua karyawannya sementara karyawannya sibuk dengan mengerjakan tugas tugasnya. Kajian Teori yang digunakan selanjutnya adalah Jaringan LAN(Local Area Network), Jaringan LAN adalah suatu rancangan jaringan komputer yang dapat saling terhubung dari komputer satu ke komputer lain mencakup satu area. Seperti : Area Gedung kampus, Gedung Perusahaan, da, Rumah Sakit.Kecepatan jaringan LAN ini hingga 100Mbps.



Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF.Kajian Teori yang dipakai selanjutnya adalah Packet Tracer, Paket tracer merupakan  suatu software komputer yang di gunakan untuk mensimulasikan Jaringan komputer. Packet Tracer ini sangatlah digunakan dalam membangun suatu jaringan karena sebelum kita memasang konfigurasi untuk di aktifkan. Kita dapat mensimulasikannya terlebih dahulu apakah konfigurasi yang digunakan bagus ataupun tidak bagus.

Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF. Kajian Teori selanjutnya adalah Routin. Routing adalah suatu proses pengiriman data dengan menggunakan jaringan satu ke jaringan yang lainnya. Selanjutnya dalah OSPF. OSPF merupakan Routing protocol jenis link state yang digunakan untuk mendeteksi perubahan dalam routing yang dapat di kembalikan dengan benar dalam waktu yang singkat. OSPF memiliki konsep area dengan routing domain OSPF dan selanjutnya yang paling penting dalam membangun jaringan komputer adalah Server. Server digunakan sebagai layanan untuk client dalam suatu jaringan komputer. Server membutuhkan ram yang besar dan processesor yang harus stabil.

Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF. Bagian – Bagian Router dalam jaringan komputer ada RAM. Ram digunakan untukmedia penyimpanan sementara yang menyimpan konfigurasi yang sedang berjalan. NVRAM(Non Volatile Ram) berguna untuk menyimpan konfigurasi Start-up. Flash Memori digunakan untuk menyimpan data memory yang terdapat pada software Operating System Image. ROM digunakan untuk mengatur proses bootsrap. Selanjutnya Interface. Interface merupakan komponen luat dari suatu router. Interface yang digunakan dalam membangun jaringan komputer terdiri dari:
1.  Serial Ports, Terdiri dari Serial 0 dan Serial 1.
2. Fast Ethernet Ports.
3. Console Port, Fungsi digunakannya Console Port, ini adalah sebagai penghubung router dengan user luar yang menggunakan.
4. Auxiliary Port.
5. Power Switch, untuk power.

Metode yang digunakan dalam mengerjakan Jaringan Kmputer adalah ada 2 metode yaitu:
1. Metode Observasi : suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengamatan langsung pada perusahaan Three Pringsewu Lampung.
2. Metode Wawancara : suatu metode yang digunakan untuk pengumpulan data. Pangumpulan data ini didapat dari narasumber yang terkait dalam perusahaan Three Pringsewu.

Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF.Menggunakan Perancanaan IP Adress. Perencanaan IP Adress yang digunakan adalah dengan menggunakan IP kelas C untuk router. Yang menggunakan Kabel Serial dengan subnet mask 0/30. Ip port serial yang digunakan menggunakan ip Address. Dengan demikian komputer manager dan server dapat menggunakan IP Address 111.111.111.2/29 sampai s 111.111.111.6/29. Ip port Fast ethernet 0/0 berada pada router dua menggunakan ip address. Selanjutnya komputer HRD dapat menggunakan IP Address 222.222.222.2/29 sampai 222.222.222.6/29.Ip port fastEthernet 0/1 yang berada pada router dua menggunakan Ip addres. Maka komputer karyawan dapat menggunakan ip address 102.102.102.2/29 sampai 102.102.102.6/29.


Kesimpulan  Review Jurnal Membangun Jaringan LAN Pada Perusahaan Three Pringsewu Lampung dengan Menggunakan Metode OSPF, pembuatan jaringan komputer ini menggunakan applikais routing protokol OSPF yang dapat digunakan oleh router lain tanpa harus mengubah konfigurasi router lainnya. Perancangan jaringan komputer menggunakan LAN dan OSPF tersebut terdapat juga susunan analisa yang membantu kebutuhan lanjut yang berguna untuk memperlancar pengerjaan perancangan jaringan komputer


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Diharapkan Komentar Sesuai Dengan Judul dan Isi
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.