Tugas TOU1 ( Minggu ke - 3)

23.00
KONFLIK ORGANISASI

Pengertian Konflik

Pengertian Konflik adalah suatu proses dimana ada 2 orang atau lebih dan di antara salah satu pihak berusaha untuk menyelesaikan pihak lain yang terjadi konflik dalam organisasi atau membuatnya tidak ada konflik lagi. Konflik itu sendiri merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dimana konflik itu akan hilang bersamaan dengan masyarakat itu sendiri. Konflik yang dapat terkontrol akan menghasilkan integritas yang baik, namun apabila integrasi yang tidak sempurna dapat memunculkan konflik baru.

Jenis dan Sumber Konflik

Ada 5 macam Jenis Konflik

  1. Konflik dalam tiap individu : Konflik ini terjadi apabila seseorang individu menghadapi ketidakpastian tentang pekerjaan yang dia harapkan untuk melaksanakannya. bila berbagai permintaan pekerjaan saling bertentangan dengan keahlian setiap individu tersebut
  2. Konflik dalam individu dengan organisasi yang sama : Konflik ini dimana hal tersebut sering terjadi karena perbedaaan pendapat dan kepribadian dari setiap individu yang dalam organisasi yang sama
  3. Konflik Antar Individu Dan Kelompok : Konflik ini terjadi apabila individu tersebut melanggar suatu aturan atau norma norma yang berlaku dalam suatu kelompok tersebut.
  4. Konflik Antar Kelompok Dalam Organisasi Yang Sama : Konflik ini terjadi karena adanya perbedaan pendapat atau kepenting di suatu Kelompok atau Organisasi yang sama tersebut.
  5. Konflik Antar Organisasi : Konflik ini terjadi karena timbulnya suatu masalah universal dimana kaya seperti perekonomian dalam organisasi tersebut atau hal yang lainnya yang memicu Konflik Antar Organisasi tersebut.
Ada 5 Sumber Yang Menyebabkan Konflik

  1. Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
  2. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi pribadi yang berbeda pula.
  3. Perbedaan tiap individu atau kelompok.
  4. Perubahan - perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat, dan
  5. Perbedaan pola interaksi yang satu dengan yang lainnya.
Strategi Penyelesaian Konflik

Ada 5 Macam Strategi Penyelesaian Konflik

  1. Menghindar : Menghindar dalam arti apabila suatu individu dalam organisasi tersebut mendapatkan isu jelek atau suatu masalah yang tidak terlalu penting yang memicu konfrontasi tidak seimbang dengan akibat yang dilakukan.
  2. Mengakomodasi : Memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya kasus tersebut penting bagi orang lain.
  3. Kompetisi : Cara ini dipakai apabila individu tersebut yakin dan bisa menyelesaikan suatu masalah yang muncul dan diselesaikan dengan cara memiliki banyak informasi yang jelas dan keahlian yang lebih dalam menyelesaikan suatu masalah tersebut.
  4. Kompromi dan Negosiasi : Cara dipakai pada individu yang masing masing memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.
  5. Memecahkan masalah atau Berkoloborasi : Pemecahan sama sama menang dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama
Motivasi

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah , dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. .Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.

5. Teori Motivasi
Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.




Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Diharapkan Komentar Sesuai Dengan Judul dan Isi
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.